Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Diet Untuk Meraih Berat Badan Ideal




Pernah tidak Anda melakukan diet namun hasilnya berulang kali gagal? Kalau saya sih jangan ditanya ya, sebab hanya satu kali diet di tahun 2017, selebihnya melonjak permanen, hahaha. Tentu saja bukan dietnya yang salah, melainkan pola diet yang kita jalankan kurang tepat.

Meraih berat badan ideal tentu saja tak semudah membalikkan telapak tangan. Jadi saya ingin bercerita sedikit mengenai perjalanan diet yang naik turun. Lebih banyak gagal sih kalau bisa dibilang, hehehe. Entahlah, mungkin seharusnya saya harus melakukan diet di bawah bimbingan coach agar lebih disiplin lagi dalam meraih berat badan ideal.

Tahun 2017, saya punya teman yang menggeluti bisnis produk minuman kesehatan yang sempat terkenal di zamannya. Mahal sih saya akui, namun bukan karena konsumsi produk tersebut saya menjadi langsing, akan tetapi punya grup atau komunitas yang sama-sama ingin punya tubuh ideal.

Selama beberapa bulan, dengan dibantu konsumsi minuman kesehatan produk yang teman saya tawarkan, saya pun bisa turun berat badan sampai 8 kilogram. Wow banget rasanya, apalagi tahun 2017 saya merasa banyak mengalami masalah dengan persendian.

Namun sayangnya karena tidak disiplin, akhirnya selama setahun punya berat badan ideal, saya gagal mempertahankannya. Sedih sih, cuma mau bagaimana lagi, karena ini memang salah saya sebagai individu uang tidak bisa mengontrol nafsu makan berlebih. 

Cara Turunkan Berat Badan Dengan Diet yang Tepat

Ketika masuk dalam sebuah grup yang terdiri dari perempuan bermasalah dengan berat badan, saya juga diberi edukasi oleh instruktur yang memang sudah senior dalam bisnis produk pelangsing tubuh tersebut. Dari dia saya belajar bagaimana seharusnya diet yang efektif tersebut.

Berikut cara efektif untuk turun berat badan:

1. Membatasi Jumlah Kalori Makanan yang Masuk

Jadi defisit kalori sebenarnya menjadi kunci sukses turun berat badan, dan itu ada rumusnya. Saya ambil contoh diri sendiri yang ketika dihitung berapa masa tubuh dan kalori yang sebaiknya masuk, maka dari hitungan tersebut disimpulkan bahwa saya tidak boleh makan lebih dari 1.000 kalori.

Kebayang kan nasi goreng saja ternyata sudah 500-600 kalori, sehingga apabila saya makan nasi goreng sebanyak 3x dalam sehari, artinya kalori yang masuk ke tubuh mencapai 1.800. Kelebihan kalori itu yang menyebabkan saya mengalami kegemukan.

2. Tidak Lupa Berolahraga

Olahraga sebenarnya penunjang berat badan dapat turun lebih cepat. Walau ada juga individu yang melakukan diet tanpa berolahraga, namun berat badan sudah turun secara optimal.

Tahun 2017, penurunan berat badan yang telah saya programkan memang terbukti makin cepat semenjak rutin berolahraga, bahkan di tahun itu saya hampir tiap hari melakukan exercise.

3. Hindari makanan dan minuman manis, tepung dan asin

Gula dan karbohidrat sebenarnya baik untuk memberi energi pada tubuh manusia, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan maka kurang baik bagi metabolisme tubuh.

4. Minum Air Putih 5 liter

Awalnya saya menolak ketika disuruh minum air putih sebanyak 5 liter oleh instruktur diet. Tapi memang terbukti manjur ketika saya minum air putih sebanyak 5 liter maka berat badan menjadi lebih cepat menyusut.

Tentu saja setelah berat badan turun, tidak dianjurkan minum air putih berlebihan. Instruktur diet saya dan anggota grup menyarankan jumlah 5 liter air kami konsumsi hanya saat menjalani diet saja.

Penutup

Cara diet setiap orang berbeda-beda, dan itu semua kembali ke individu yang bersangkutan. Yang terpenting adalah konsistensi dan disiplin ketika ingin meraih berat badan idaman. Jangan seperti saya yang hanya setahun saja berhasil menjaga berat badan. Selebihnya berat badan saya justru semakin tak karuan.

Pola hidup sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Tentunya diharapkan dengan menerapkan pola dan juga gaya hidup sehat, akan memperpanjang usia seseorang.

Untuk mendapatkan banyak referensi mengenai bagaimana menjalankan gaya hidup sehat, kalian bisa banget membaca blog gaya hidup sehat yang saat ini banyak ditekuni oleh para blogger.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Diet Untuk Meraih Berat Badan Ideal"