Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadalah, Berikut Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah

 
Waspadalah, Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah yang Patut Anda perhatikan


Sehat dalam hidup adalah dambaan setiap orang tanpa terkecuali, termasuk saya juga. Kadang ada rasa khawatir apabila sudah mulai sakit walau hanya gejala ringan. Saya pun bergegas untuk minum obat pereda sakit dan multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

Bagi saya saat ini kesehatan tubuh sangatlah penting, karena saya harus menjaga ibu yang sudah memasuki usia lansia. Kalau misa terjadi sesuatu terhadap ibu saya, maka tentu saja saya harus berada di garda terdepan. Namun sebagai manusia, tentu kita memiliki keterbatasan. Begitu juga dengan saya.

Ada kalanya badan saya merasa sangat lelah dan gampang drop. Beberapa faktor badan mudah drop yaitu:
  1. Terlalu banyak beraktivitas dan kurang istirahat
  2. Kurang asupan air putih dan makanan yang bernutrisi
  3. Tidak rutin melakukan olahraga
Ketika sedang berselancar di dunia maya untuk mencari artikel tentang kesehatan, saya merasa khawatir karena ciri-ciri ginjal bermasalah salah satunya tubuh mudah lelah. 

Saya tidak ingin terlalu gegabah menyatakan diri sendiri terkena penyakit ginjal. Namun segala sesuatunya tetap harus dipelajari dan dicari tahu kebenarannya, sehingga setelah membaca beberapa literatur, saya akan sedikit memberikan penjelasan bagaimana ciri-ciri ginjal bermasalah. Hal ini tentu saja untuk mengedukasi para pembaca blog saya agar tak terlalu cemas ketika mendapati dirinya dalam keadaan tak sehat.

Ginjal Anda Bermasalah? Ketahui Terlebih Dahulu Ciri-cirinya

Berikut merupakan ciri-ciri ginjal yang bermasalah. Apabila Anda menemukan gejala tersebut pada diri sendiri ataupun orang terdekat, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

1. Warna Keruh Pada Air Seni

Dalam proses metabolisme tubuh, ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi air seni atau urine. Apabila ada masalah pada ginjal Anda, maka penderita ginjal akan mengeluarkan air seni yang keruh bahkan cenderung berbusa.

2. Pembengkakan Pada Lengan dan Kaki

Ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan limbah dari dalam tubuh, mengakibatkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan kaki. Oleh sebab itu, Anda jangan meremehkan apabila tiba-tiba lengan atau kaki bengkak. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang sedang diderita.

3. Sakit Pada Punggung dan Pinggang 

Setidaknya kita harus mengetahui dimana letak ginjal berada, apabila ada gejala masalah pada ginjal. Perlu diingat, ginjal terletak di bagian kiri dan kanan perut. 

Apabila Anda merasakan nyeri atau sakit di bagian kanan atau kiri perut maka jangan disepelekan. Walau juga jangan terlalu khawatir, namun antisipasi tak ada salahnya dengan pergi ke dokter untuk dilakukan medical check up.

Tentu saja sebagai manusia, kita harus berikhtiar agar jangan sampai salah satu organ tubuh kita bermasalah, salah satunya ginjal. Sejak dini, lakukan pola hidup sehat untuk melindungi ginjal agar tidak bermasalah. 

Ginjal yang bermasalah, tentu akan menimbulkan berbagai macam penyakit, sebut saja:
  1. Penyakit batu ginjal. Penyakit ini sering diderita oleh pasien yang sangat kurang mengonsumsi air putih. Jika penyakit batu ginjal sudah parah, maka biasanya akan dilakukan tindakan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal yang menghambat ketika buang air kecil.
  2. Nefropati Diabetik. Penyakit ini merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh kadar gula yang sangat tinggi atau diabetes. Pasien penderita Nefropati Diabetik biasanya menjalani pengobatan seumur hidup untuk mengontrol gula darah.
  3. Gagal ginjal. Jika seseorang divonis menderita gagal ginjal, maka ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pengobatannya perlu mendapat penanganan langsung oleh dokter dan pada beberapa kasus, pasien gagal ginjal harus menjalani cuci darah.
Begitu mengkhawatirkan apabila kita membaca bagaimana ciri-ciri ginjal bermasalah dan sampai menjadi penyakit. Oleh sebab itu, kita harus menjaga pola hidup yang lebih sehat lagi dengan melakukan:
  1. Minum air putih 2 liter setiap hari dan jangan sampai mengalami dehidrasi
  2. Jangan terlalu sering konsumsi obat karena obat dapat mengganggu fungsi ginjal.
  3. Batasi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung kadar garam.
  4. Cukup berolahraga
Semoga artikel ini bermanfaat. Jaga kesehatan sejak dini tidak ada salahnya. Lindungi ginjal untuk masa depan yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Waspadalah, Berikut Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah"