Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

57 Tahun Telkom Indonesia: Ada Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan Indonesia

57 Tahun Telkom Indonesia

Tak terasa sudah 23 tahun saya menjadi pelanggan setia Telkom Indonesia. Jadi ingat flashback masa lalu dimana tahun 1999 kami sekeluarga baru saja pindahan ke Surabaya. Saat ini telepon masih menjadi barang langka namun kami membutuhkannya untuk berkomunikasi.

Akhirnya kakak perempuan saya berinsiatif memasang jaringan telepon di rumah kami. Dan bersyukur sekali ternyata proses pemasangan jaringan telepon di rumah kami terbilang cepat. Saya masih ingat waktu itu prosesnya kurang dari 3 hari. Padahal kita tahu sendiri di tahun 1999, teknologi belum berkembang seperti sekarang ini namun pelayanan Telkom Group tidak pernah berubah dari masa ke masa. Tetap berkualitas!

Ohya, mengapa dulu kami sekeluarga sangat ingin memasang telepon di rumah, tentunya bukan tanpa alasan. Adapun alasan kami memasang telepon di rumah antara lain:
  1. Untuk berkomunikasi dengan almarhum Bapak yang waktu itu sedang dinas di Balikpapan. Kebetulan setahun sebelum Bapak pensiun dan meninggal, saya beserta kedua kakak dan Ibu pindah duluan ke Surabaya.
  2. Untuk menerima panggilan terkait lamaran kerja yang diajukan oleh kakak perempuan. Jadi kakak saya saat itu sedang dalam proses mencari kerja. Maklumlah, fresh graduate sehingga dia giat mencari pekerjaan. Agar mempermudah jika ada panggilan wawancara akhirnya kakak meminta izin kepada orang tua kami memasang telepon dan disetujui.
  3. Untuk memantau kondisi saya sebagai anak kost. Jadi ceritanya saya masuk kuliah pertama kali dan harus kost di kota yang sama. Karena masih belum paham Surabaya, akhirnya saya kost untuk beradaptasi. Dengan memasang jaringan telepon di rumah, maka Ibu dan kedua kakak saya selalu memantau bagaimana kondisi saya sehari-hari. Maklumlah, saya merupakan anak bungsu, hahaha.
Setelah berlangganan telepon dengan menggunakan jaringan Telkom Indonesia, saya juga masih sempat merasakan berlangganan internet menggunakan Speedy pada tahun 2009. Speedy merupakan layanan internet dari Telkom Group yang berbasis teknologi ADSL dimana menggunakan media kabel tembaga agar dapat menyalurkan suara dan data internet secara bersamaan.

Lalu pada tahun 2015, Telkom Group meningkatkan kualitas jaringan internetnya menjadi IndiHome, dimana merupakan layanan terbaru daru Telkom. IndiHome ini mengusung 3 layanan sekaligus yaitu internet, TV Kabel dan juga telepon rumah dimana teknologi pendukungnya menggunakan Fiber Optik agar transmisi data dapat dilakukan dengan kecepatan yang lebih optimal 

57 Tahun Telkom Indonesia:

 
Bahkan sampai tahun 2022 pun di rumah kami masih setia terpasang jaringan Telkom Group yang menemani kami berkomunikasi. Hal ini dikarenakan keluarga kami menganut prinsip bahwa silaturahmi dengan keluarga besar itu wajib dijaga meskipun berada dalam jarak yang jauh. Salah satu bentuk komunikasi dengan keluarga adalah melalui sambungan jarak jauh melalui telepon.

Selain di rumah, penggunaan internet di kantor pun tak kalah pentingnya. Tidak ingin menggunakan provider internet yang tak jelas, itulah alasan pimpinan perusahaan di kantor tempat saya bekerja juga menggunakan IndiHome sebagai Internet Provider dalam menunjang segala bentuk kegiatan di pekerjaan seperti mengirim data, atau melakukan meeting online. Alhasil sudah 7 tahun pula IndiHome membersamai saya dan seluruh rekan kerja di kantor untuk memberikan yang terbaik bagi produktivitas perusahaan. 

Bukan saya terlalu memuji IndiHome, namun jujur saja kebutuhan akan internet cepat seolah menjadi hal yang wajib bagi seluruh karyawan di kantor. Apalagi pimpinan kami suka melakukan perjalanan dinas dan menginginkan laporan real time dari seluruh karyawannya, sehingga kami harus terhubung online satu dengan lainnya.

Tak jarang beberapa dari karyawan harus pulang lembur untuk mempersiapkan project baru dan pastinya mengandalkan internet untuk mengupload berkas secara online. Tentu saja, apa yang kami lakukan itu demi keberlangsungan hidup perusahaan. Tanpa akses internet yang cepat, rasanya mustahil pekerjaan akan terselesaikan dengan tepat waktu. Di sinilah harus diakui bahwa pekerjaan saya banyak terbantu dengan keberadaan IndiHome khususnya yang berkaitan dengan pengiriman berkas secara online menggunakan akses internet.

57 tahun Telkom Indonesia: Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Seluruh Pengguna di Indonesia

Berbicara tentang PT. Telkom Indonesia yang sudah berdiri sejak 6 Juli 1965, maka tentu saja kita tidak akan melupakan sumbangsih BUMN ini dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi segala bentuk komunikasi yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti yang dikutip dalam situs PT. Telkom Indonesia dimana memiliki visi misi sebagai berikut:

Visi : Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat

Misi :
  1. Mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
  2. Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi bangsa.
  3. Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.
Adapun Telkom Group telah banyak melakukan diversifikasi usaha sampai saat ini, dimana bidang pelayanannya meliputi:
  1. Digital Platform, meliputi pelayanan data center, cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/Artificial Intelligence, dan Cybersecurity.
  2. Digital Connectivity, yang meliputi Software Defined Networking (SDN)/Network Function Virtualization (NFV)/Satellite , Fiber to the X (FTTx), dan layanan 5G.
  3. Digital Service, yang meliputi enterprise dan consumer.
Salah satu layanan Telkom Group yang sangat penting saat ini adalah menyediakan internet cepat bagi seluruh pelanggan yang tersebar di Indonesia. Dan bagi saya IndiHome merupakan solusi tepat jika kita menginginkan akses internet cepat untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Bagi saya, pelayanan Customer Service IndiHome adalah yang terbaik karena responsif dan tahu apa yang menjadi keinginan dari pelanggan. Kantor tempat saya bekerja pernah pindah selama dua kali karena proses renovasi, sehingga jaringan telepon dan internet pun harus ikut pindah. Hal ini dikarenakan kantor saya memiliki nomor telepon tetap yang tidak boleh dirubah. Maklum saja, seluruh client di kantor saya sudah tahu akan nomor telepon kantor kami sehingga akan sulit bagi mereka jika terjadi penggantian nomor telepon.

Akhirnya saya pun mengurus perpindahan sementara jaringan internet dan telepon ke kantor yang baru. Bersyukur sekali Customer Service IndiHome tergolong cepat dalam memproses pengajuan saya dan teknisi yang bertugas memasang jaringan internet di kantor baru pun langsung datang keesokan harinya.

Teknisi responsif dan tentu saja memiliki etika yang baik merupakan hal yang penting bagi saya sebagai pelanggan IndiHome. Apalagi sudah jelas teknisi IndiHome dilarang mengutip biaya tambahan dari para pelanggan. 

Penutup

Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-57 tahun untuk Telkom Indonesia. Tetap berikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia.

Dalam rangka ulang tahun Telkom Indonesia yang ke-57, akan ada Program Loyalty yang diberikan pelanggan setia IndiHome. Program Loyalty tersebut diberikan kepada para pelanggan existing IndiHome, dimana akan ada ditawarkan:
  1. Diskon point myIndiHome 
  2. Voucher bayar tagihan 
  3. Bebas akses ke berbagai akses channel
  4. Serta berbagai voucher menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
Beberapa cashback yang ditawarkan IndiHome dalam rangka ulang tahun ke-57 Telkom Indonesia selama bulan Juli 2022 ini antara lain:
  1. Cashback 57% jika berlangganan mitra over the top (OTT) seperti Disney+ Hotstar, Vidio dan Catchplay+ 
  2. Cashback senilah Rp. 57ribu melalui saldo LinkAja jika pelanggan IndiHome melakukan upgrade kecepatan internetnya.
  3. Mendapatkan ekstra voucher diskon bayar tagihan khusus jika melakukan pembayaran melalui marketplace Blibli dan Bukalapak
Jadi tunggu apa lagi, yuk berlangganan IndiHome sekarang juga dan dapatkan beragam promo menarik selama ulang tahun Telkom Indonesia di bulan Juli 2022 ini.


Sumber Data:

https://www.telkom.co.id/
https://itwae.blogspot.com/2017/10/perbedaan-indihome-dan-speedy-telkom.html
https://indihome.co.id/blog/apa-itu-teknologi-fiber-optik-ini-ulasan-lengkapnya


13 komentar untuk "57 Tahun Telkom Indonesia: Ada Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan Indonesia"

  1. Wah sama kita , akupun sdh menjadi pelanggan setia Telkom sejak masih bocah mbak .emang terbaik ya layanan Telkom ini

    BalasHapus
  2. Wow sudah 57 tahun ya mbak Telkom melayani kebutuhan telekomunikasi di Indonesia... Keren banget ya. Ah baca artikel ini jadi ingat dulu pas awal-awal pasang Telefon juga di rumah hihihi

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ya mbak, banyak kenangan bersama Telkom Indonesia. Sejauh ini membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw daftar sekarang lagi ada promo ya mbak di IndiHome?

      Hapus
  4. Wah iya, Telkom sudah 57 tahun melayani Indonesia ya kak
    Semoga makin sukses ya Telkom

    BalasHapus
  5. Wah, telkom sejak 57 tahun ya, sudah sangat senior melayani Indonesia.. Dari Ibuku masih remaja ini

    BalasHapus
  6. Wah dari dulu aku selalu percayakan komunikasiku pakai telkom... apalagi pas pandemi dan harus daring makin tak mau pindah hati.. karna sial jaringan dan kualitas memang nomor 1

    BalasHapus
  7. Suka banget dengan pelayanan Indihome. Udah beberapa terkendala mulai dari kabelnya putus dan lainnya tapi CS nya gercep kirim teknisi

    BalasHapus
  8. di rumah Mama juga telepon rumah itu bertahan lama, awet banget dah pemakaian telepon ini, hingga akhirnya muncul Speedy dan IndiHome, kebetulan juga kan handphone sudah bermunculan. Kalau ndk salah terakhir telepon rumah berdering di rumah itu sekitar tahun 2015 apa 2016 deh :D

    BalasHapus
  9. Ternyata usia Telkom sudah lebih dari setengah abad ya. Sudah memberikan banyak juga kontribusi untuk negeri bahkan hingga ke pelosok. Saya yang tinggal di Ujung Timur Indonesia pun sejak kecil sudab merasakan layanan dari PT Telkom.

    BalasHapus
  10. Selamat ulang tahun IndiHome semoga sukses selalu banyak membantu semua lapisan masyarakat untuk terus maju dan sukses. Aamiin

    BalasHapus
  11. Wih udah lama banget mbanya pakai jaringan telkom, sy masih bayi tuh pas mba pasang di rumah

    BalasHapus
  12. Telkom Indonesia memang memiliki pengaruh besar terhadap telekomunikasi di Indonesia. Baik telepon maupun Internetnya. Walau awal-awal saat pindah ke fiber optic banyak banget gangguannya, sekarang sudah jarang dan jaringan juga cepat.

    BalasHapus