Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Sistem Pembayaran Online yang Banyak Digunakan Oleh Pebisnis

 
Jenis Sistem Pembayaran Online
Sumber Gambar: Pexels


Semakin majunya digitalisasi dalam berbagai bidang memudahkan banyak urusan, termasuk dalam melakukan pembayaran bermacam transaksi. Jika dulu untuk membayar gaji karyawan, membeli produk atau lainnya harus secara cash, saat ini bisa dilakukan dengan online. 

Dengan pembayaran online, baik penerima maupun pengirim akan mendapatkan banyak manfaat. Selain mudah, praktis, cepat juga aman. Karena itu pembayaran cashless mulai ditinggalkan dan beralih ke model pembayaran online ini. 

Jenis-jenis Sistem Pembayaran Online

Pergeseran sistem pembayaran ini merupakan peluang usaha bagi penyedia sistem pembayaran. Dengan menggunakan teknologi keuangan yang semakin berkembang, banyak cara pembayaran yang ditawarkan. Masing-masing sistem mempunyai keunggulan sehingga banyak yang menggunakannya.

Untuk melakukan transaksi pembayaran online ini juga sangat mudah. prinsipnya, jika ada jaringan internet dan dana cukup, maka pembayaran bisa dijalankan. Baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis, pembayaran online dirasakan lebih menguntungkan. jenis sistem pembayaran secara online yang bisa menjadi pilihan adalah: 

Transfer bank

Transaksi pertama ini lebih dulu dikenal. Masing-masing, baik penerima maupun pengguna harus mempunyai rekening bank, bisa dari bank yang sama maupun berbeda. Untuk transfer bisa dengan mengakses e banking dari penerbit, kemudian memasukkan data penerima yang terdiri dari nomor rekening, nama bank dan jumlah uang yang akan ditransfer. 

Selanjutnya setelah pengirim menekan tombol “Transfer” dalam hitungan detik, penerima akan menerima uang yang masuk ke dalam rekeningnya. Jika mengirim dalam jenis bank yang sama, pengirim tidak harus membayar biaya administrasi. Namun apabila berbeda bank, ada yang memberlakukan biaya administrasi yang jumlahnya berbeda-beda. 

E-wallet

E-Wallet adalah sejenis uang virtual yang tersimpan dalam sebuah akun. Uang tersebut bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran tergantung dari peraturan penerbit E-Wallet dan penerima. Pembayaran ini sangat cocok bagi yang ingin mengatur pengeluaran karena bisa membatasi saldo di dalamnya sehingga dapat mengurangi kebiasaan konsumtif. 

Saat ini banyak toko yang menerima pembayaran dengan menggunakan E-Wallet. Bagi pengirim, transaksi jenis ini sangat mudah karena tidak membutuhkan rekening bank. Untuk pendaftaran dan aktivasi biasanya menggunakan nomor HP yang aktif atau melalui email.

Banyaknya potongan harga dan promo belanja menggunakan E-Wallet menjadikan semakin banyak yang menggunakannya. E-Wallet menjadi solusi bagi yang sering ketinggalan dompet dan ATM karena untuk akses dan transaksi cukup menggunakan smartphone saja. begitu mengisi saldo di E-Wallet bisa langsung menggunakan untuk belanja, membayar tagihan dan lainnya. 

Virtual account

Virtual Account atau yang biasa disebut dengan VA merupakan sistem pembayaran online dengan menggunakan kode khusus untuk masing-masing pelanggan setiap transaksi. Masing-masing penerbit mempunyai kode yang berbeda sebagai sandi untuk melakukan transaksi namun biasanya berupa angka dan huruf atau kombinasi keduanya. 

Transaksi dengan menggunakan Virtual Account bersifat privasi karena hanya dapat dilakukan oleh penerima kode. Waktu untuk aktivasi pun terbatas, dengan demikian relatif aman. Jika dalam waktu yang telah ditentukan penerima tidak memasukkan kode, maka transaksi secara otomatis akan gagal. 

Karena bersifat privasi, penerima akan langsung mengetahui siapa pengirim uang tersebut dengan melihat kode yang tertera. Banyak online shop yang lebih memilih menerima pembayaran dengan Virtual Account untuk membedakan pengirim dengan calon pembeli lain. 

QR code

QR code atau Quick Response Code merupakan sistem pembayaran yang terbilang cukup canggih. Hanya dengan scan  barcode saja, maka transaksi bisa berlangsung. Secara otomatis sejumlah saldo akan berpindah ke rekening tujuan. Karena kemudahan ini sekarang banyak pusat perbelanjaan, kedai tempat umum lain yang menggunakan sistem pembayaran ini. 

Transaksi menggunakan QR code sangat cepat, aman dan hemat waktu. Bagi yang akan bertransaksi tidak perlu mencari ATM untuk tarik tunai dan melakukan pembayaran. selama saldo mencukupi bisa langsung scan barcode untuk melakukan sejumlah pembayaran. 

Kemudahan dan keamanan bertransaksi secara online menjadikannya pilihan banyak orang. Kini untuk membayar berbagai tagihan dan barang tidak harus menggunakan uang cash. Bahkan dengan sistem online mempunyai banyak keuntungan.

Dapatkan Berbagai Jenis Sistem Pembayaran Online Melalui Fazz Business

Fazz Business merupakan layanan teknologi finansial dengan jaringan kerja di wilayah Asia Tenggara mempunyai berbagai macam jenis layanan keuangan yang membantu pebisnis. Beberapa layanan untuk pembayaran bisnis seperti QR code dinamis, Virtual Account, e-wallet, ataupun transfer bank bisa Anda integrasikan langsung ke bisnis Anda menggunakan API atau dashboard Fazz Business.

Beberapa keunggulan menggunakan integrasi pembayaran dengan Fazz Business adalah:
  1. Integrasi pembayaran yang otomatis.
  2. Dapat menggunakan sandbox terlebih dahulu bagi pengguna API.
  3. Kelola pembayaran hanya dalam satu dashboard sehingga lebih mudah.
Melalui pembayaran online ini, pebisnis dapat dengan mudah menyediakan layanan pembayaran bagi customer melalui berbagai metode yang dikirimkan melalui payment link. Dengan begitu, proses pembayaran pengguna bisa variatif dan lebih mudah!


Posting Komentar untuk "4 Jenis Sistem Pembayaran Online yang Banyak Digunakan Oleh Pebisnis"