Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Rambut Kering, Sehat Alami Anti Rontok

 
Cara Merawat Rambut Kering
Sumber: Pexels


Masalah rambut kering telah dirasakan banyak orang entah karena memang tipe rambutnya yang kering atau akibat paparan sinar matahari. Penyebab lain yang dapat membuat rambut menjadi kering adalah terlalu sering mencatok rambut dan kebiasaan merokok.

Jika mengalaminya, segeralah memilih hair care yang tepat seperti menggunakan shampo tanpa SLS agar rambut lebih sehat. Kamu juga perlu melakukan upaya lain agar rambut keringmu tidak semakin parah atau menimbulkan masalah yang lebih serius. 

Cara Merawat Rambut Kering
Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara merawat rambut kering agar tetap sehat dan tidak mudah rontok.

1. Menggunakan Shampo Tanpa SL

Sudah menjadi rahasia umum bahwa SLS dapat menghilangkan minyak alami yang melembapkan kulit kepala. Hilangnya kelembapan alami rambut tersebut membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering hingga terlihat kusam dan mudah rusak.

Meski demikian, SLS (sodium lauryl sulfate) masih saja digunakan karena bahan inilah yang membuat sampo menjadi berbusa. Sebab sebagian orang merasa puas jika menggunakan bahan-bahan pembersih yang menghasilkan banyak busa, seperti ketika menggunakan pasta gigi.

Kebiasaan ini tidak dapat dibenarkan karena penggunaan shampo yang mengandung SLS dapat memberikan dampak yang lebih parah lagi. Mulai dari menyebabkan iritasi pada kulit kepala, menyebabkan ketombe dan rambut rontok, hingga membuat pertumbuhan rambut 8 kali lebih lambat.

2. Memilih Produk Hair Care Pelengkap yang Tepat

Beberapa orang mungkin sudah merasa cukup menggunakan shampo sebagai kebutuhan perawatan rambut. Padahal tidak hanya itu, rambut juga memerlukan nutrisi lebih sebagaimana anggota tubuh lain seperti kulit yang membutuhkan lotion.

Kamu juga perlu menggunakan rangkaian hair care seperti conditioner dan hair oil pada batang rambut. Pilih produk yang memiliki formula yang telah teruji secara dermatologis dapat membuat rambut lebih sehat. Formula yang tepat akan membersihkan rambut dan kulit kepala tanpa menghilangkan minyak rambut sepenuhnya.

3. Menghindari Kebiasan Buruk

Banyak kebiasaan buruk yang tanpa sadar kamu lakukan dan justru membuat rambutmu kering seperti mencuci rambut setiap hari. Menjaga kebersihan rambut dengan keramas memang sebuah kewajiban untuk menghilangkan kotoran dan keringat pada rambut.

Tidak hanya itu, penggunaan shampo saat keramas juga dapat menghilangkan sebum yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit kepala. Kamu hanya perlu mencuci rambut 3 sampai 4 kali saja dalam seminggu agar rambut bersih dan tetap sehat.

Kebiasaan lain harus dihindari adalah terlalu sering menggunakan hair styling tool yang panas. Seseorang biasanya menggunakan alat ini untuk mengeriting atau meluruskan bahkan membuat rambut menjadi lebih terlihat bervolume.

Alih-alih membuat tampilan rambut terlihat bagus, cara ini tidak disarankan untuk digunakan pada rutinitas harian untuk waktu yang lama. Tapi jika sangat perlu, pastikan kamu mengatur pemakaiannya yakni dengan menggunakan suhu yang tidak terlalu panas.

Bahkan jika ingin mengeringkan rambut lebih baik menggunakan cara pengeringan rambut yang alami dengan diangin-anginkan. Kamu juga bisa membalut rambut dengan kain setelah keramas agar rambut tidak terlalu kehilangan kelembapan saat proses pengeringan. 

4. Menggunakan Pelindung Kepala

Jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga dapat menyebabkan rambutmu kering. Belum lagi jika ditambah dengan polusi udara yang makin membuat rambutmu kusut atau bahkan rapuh.

Lebih parah lagi, sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut seperti halnya efeknya pada kulit. Maka kamu perlu melindungi kepala menggunakan topi atau penutup kepala lain saat beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar UV juga dapat merusak melanin pada batang rambut sehingga warna rambut menjadi merah kusam dan kering. 

Selain itu, lapisan terluar rambut berupa keratin juga juga dapat rusak sehingga membuat tekstur rambut  menjadi kasar. Senyawa tiol di dalam rambut juga dapat teroksidasi menjadi asam sulfonat, alhasil rambut jadi kusut dan sulit diatur.

5. Oleskan Bahan-bahan Alami Untuk Rambut Sehat

Selain beragam produk hair care yang dijual komersial, kamu juga bisa menggunakan tea tree oil dan Aloe vera. Kedua bahan ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk rambut keringmu yang rusak karena membuat rambut menjadi lembut dan lembap.

Campur 4-5 tetes tea tree oil dan setengah cangkir gel lidah buaya, lalu jadikan sebagai masker rambut. Oleskan bahan tersebut dari akar hingga ujung rambut selama 30 menit sebelum kamu bersihkan dengan keramas.

Bahan alami lain yang harus kamu coba adalah minyak argan dan peppermint dengan mengoleskannya pada ujung rambut. Dengan demikian, kamu akan memiliki tampilan rambut yang bervolume dan sehat hingga mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.

Setelah menyimak ulasan ini, kita jadi tahu bahwa memiliki rambut kering ternyata perlu dirawat agar tidak makin parah. Untuk memperbaiki rambut kering, kamu juga harus menerapkan pola makan sehat agar dapat menutrisi rambut dari dalam. Perhatikan asupan menu makan dengan mengonsumsi omega-3 dan antioksidan yang bisa kamu dapat dari protein laut dan brokoli. 

Jika kamu ingin segera memperbaiki rambut kering dengan beberapa produk unggulan, kamu bisa dengan mudah mencarinya di Shopee. Tidak perlu khawatir soal pembayaran karena kamu bisa pinjam uang online dengan mudah di SPinjam.




Berbagai kemudahan lain dan penawaran menarik bisa Sobat Shopee dapatkan seperti bisa mengajukan pinjaman hingga Rp12 Juta. Bahkan kamu juga tidak perlu menunggu lagi karena bisa cair hari itu juga saat kamu mengajukan pinjaman. 

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Rambut Kering, Sehat Alami Anti Rontok"