Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi IDN Media Jalankan Digital Campaign IDN Creative Pasca Pandemi

 
Siapa yang menyangka pandemi yang terjadi dua tahun lalu telah mengubah hampir semua gaya hidup masyarakat kita. Termasuk saya pribadi yang menerima imbas dari adanya perubahan gaya hidup ini. Yang dulunya saya tidak pernah atau jarang bersentuhan dengan dunia digital, sekarang mau tidak mau saya harus belajar atau lebih tepatnya dipaksa untuk memahami segala aktivitas di ranah digital.

Salah satu contoh di kantor saya, sejak 2 tahun lalu berusaha mengembangkan pemasaran secara digital, dimana tidak mudah karena kantor saya merupakan bidang jasa pembasmian hama. Bidang jasa pembasmian hama setidaknya harus bisa melakukan visit ke calon pelanggan yang membutuhkan, dimana kami berusaha menganalisa hama apa yang menyerang tempat mereka. Namun zaman tetap harus berubah, dan kantor saya pun akhirnya melakukan marketing digital untuk bertahan hidup di tengah persainan usaha yang makin ketat.

Hal itu pula yang dilakukan oleh IDN Creative sebagai bagian dari unit bisnis IDN Media dimana berbentuk agensi digital yang juga menjadikan digital marketing sebagai bentuk kampanye. Digital marketing saat ini merupakan bentuk pemasaran yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan digital marketing semakin diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan dan cenderung efektivitasnya meningkat dari tahun ke tahun. 

Kampanye digital yang semakin intens beredar di masyarakat tentu akan memengaruhi pola pikir masyarakat sebagai konsumen, sehingga nantinya akan berpengaruhi terhadap keputusan konsumen dalam membeli barang atau menggunakan jasa tertentu. 

Pandemi tidak selamanya ada di dunia, tentu saja dengan teknologi kesehatan yang semakin meningkat, akan makin mempercepat pandemi berakhir. Sama halnya saat ini dimana tahun 2022 pandemi sudah bisa dibilang dinyatakan berakhir sehingga masyarakat pun dapat kembali beraktivitas di luar ruangan. 

Namun, permasalahan kembali muncul manakala pandemi telah berakhir namun campaign digital masih harus tetap dilaksanakan pasca pandemi. Bagaimana cara agar campaign digital sukses diterima di masyarakat serta pesan yang tersampaikan berhasil memuaskan dari sisi brand produk atau jasa maupun konsumen.

Pada kesempatan kali ini IDN Creative akan memberikan insight mengenai perubahan pola konsumsi konten di masyarakat serta strategi jitu untuk bisa menyukseskan kampanye digital dari segi brand dan juga konsumen. Berikut strategi yang dijalankan oleh IDN Creative:
1. Buat Campaign yang Unik Untuk Menarik Minat Masyarakat

Tentu saja pandemi yang terjadi 2 tahun yang lalu membawa perubahan terutama dalam hal daya beli masyarakat. Secara tidak langsung, pandemi menyebabkan menurunkan daya beli masyarakat dikarenakan menurunnya kondisi perekonomian. Hal ini menjadi tantangan bagi marketers untuk menjalankan campaign yang unik dan dapat menarik hati masyarakat. Tentu saja hasil akhirnya adalah agar masyarakat membeli atau menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.

Selama pandemi dihimbau agar masyarakat berada di dalam rumah untuk menghindari diri dari paparan virus apabila terlalu sering berada di luar rumah. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan smartphone meningkat selama pandemi. Anastasia Desire sebagai Copy Editor IDN Creative mengungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers pun harus beradaptasi dengan hal tersebut.

Menurut Anastasia Desire, semakin unik sebuah campaign dibuat, maka akan semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli bahkan secara sukarela melakukan share atas konten campaign tersebut di media sosial yang mereka miliki. Konten yang mengandung topik jokes (lelucon) dan entertainment (hiburan) merupakan dua topik yang sebaiknya digunakan dalam membuat digital campaign.

2. Fleksibilitas Dalam Bekerja 

IDN Creative merupakan agensi digital dimana merupakan salah satu unit bisnis dari IDN Media. IDN Creative menawarkan one-stop solution dalam memenuhi kebutuhan para brand dan pemasang iklan (advertiser). IDN Creative fokus pada brand storytelling dan data driven strategy bagi para advertiser agar mendapatkan hasil campaign yang optimal. Tentu saja hasil yang optimal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan sebuah brand.

Seperti yang diharapkan Maria Novena Rarahita, pimpinan IDN Creative, agar setiap campaign yang dijalankan oleh IDN Creative selalu tepat sasaran sehingga kebutuhan client pun terpenuhi. Bahkan menurut Naomi Silitonga, Campaign Manager IDN Creative, beberapa soft skill berikut dibutuhkan agar campaign berjalan lancar, yaitu:
  • Menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak
  • Menjaga komitmen terhadap timeline sebuah project yang sudah disepakati dengan client
  • Memiliki fleksibilitas dalam pekerjaan namun tetap sesuai aturan SOP yang ada.
Dalam menjalankan digital campaign pun, IDN Creative tetap harus menyesuaikan dengan trend yang terjadi saat ini. Tentu saja agar sebuah campaign bisa berjalan efektif dan hasilnya up to date dengan dengan kondisi saat ini. Dalam mengoptimalkan pemasaran secara digital, IDN Creative harus menyesuaikan dari segi kreatif, tone dan gaya bahasa yang digunakan di platform IDN Media.

3. Koordinasi Dengan Tepat dan Cepat 

Tentu saja kita tidak menginginkan terus berlama-lama hidup di tengah pandemi. Bersyukur pandemi sudah mulai berlalu, meskipun kita masih tetap harus waspada dan menjaga protokol kesehatan. Setelah pandemi ini, sudah banyak diselenggarakan event offline yang menyebabkan brand saling berlomba untuk membuat event bahkan menjadi sponsor dari event offline tersebut. 

Salah satu yang berdampak adalah media placement dimana pemasangan event coverage article yang sering dilakukan oleh beberapa brand. Cynthia Dewi Kirana selaku Copy Editor IDN juga mengakui ada banyak perbedaan manakala mengurus event online dan offline. Cyhthia mengungkapkan mengurus event offline ternyata membawa tantangan tersendiri, dimana dirinya dan tim harus berpacu dengan waktu. Hal ini dikarenakan jika penayangan artikel terlalu lama mendapat proses feedback dan approval, maka tentu saja berita tentang event offline tresebut sudah lewat momentumnya. Oleh sebab itu koordinasi yang cepat akan mensukseskan jalannya sebuah campaign

4. Posisikan Diri Sebagai Konsumen Ketika Mengeksekusi Campaign

Agar tetap bisa menyesuaikan campaign yang relevan pasca pandemi, maka ada beberapa tips yang dijelaskan oleh Lamtiar Sihombing, Campaign Manager IDN Creative bagaimana menjalankan campaign yang relevan dengan kondisi terkini, antara lain:
  • Marketers habis bisa memposisikan diri sebagai konsumen
Dalam hal ini marketers harus mengetahui apa saja yang konsumen inginkan agar brand mereka dikenal oleh masyarakat. Hasil akhir dari campaign tentu saja brand ingin mendapatkan penjualan maksimal dari produk atau jasa yang dijual. Posisikan diri marketers sebagai konsumen agar bisa menampilkan campaign yang maksimal dan efektif di masyarakat.
  • Mengenali perubahan perilaku target konsumen terhadap pergantian situasi pasar 
Karena pandemi sudah berakhir, maka tentu saja terjadi perubahan dalam bentuk campaign. Yang tadinya digital campaign dapat dioptimalisasi, maka ketika pandemi sudah berakhir, maka harus dibarengi dengan offline marketing. IDN Creative sebagai marketers berupaya untuk mengkolaborasikan antara digital campaign dan offline marketing agar hasilnya dapat menjangkau lebih banyak audiens lagi. 

Penutup

Demikian ulasan mengenai strategi yang dijalankan IDN Creative dalam menjalankan digital campaign pasca pandemi. Tentunya setiap program campaign yang dijalankan memiliki target agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Strategi IDN Media Jalankan Digital Campaign IDN Creative Pasca Pandemi"