Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Cerdas untuk Membeli Mobil Impian

Membeli Mobil Impian


Mempunyai kendaraan pribadi tentu menjadi impian bagi banyak orang. apakah Anda salah satunya? Kendaraan pribadi dapat membuat kita melakukan berbagai hal dengan leluasa, lebih-lebih bagi pemilik mobilitas tinggi. 

Mengingat harga mobil yang tidak murah, jika ingin membelinya, pastikan Anda menjadikan mobil sebagai sebuah target dalam keuangan. Anda tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengumpulkan dananya. 

Langkah Membeli Mobil Impian

Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena dengan komitmen kuat serta beberapa langkah cerdas di bawah ini, Anda dapat membeli mobil impian. Berikut tips mengelola keuangan untuk membeli mobil, antara lain:

1. Menabung Secara Rutin

Ketika ingin membeli mobil, menabung adalah poin wajib yang harus dilakukan. Harga kendaraan roda 4 ini tidak bisa kita anggap enteng, sehingga porsi tabungan harus besar setiap bulan. 

Walaupun tidak dapat membeli mobil dengan cara tunai, setidaknya Anda harus mengumpulkan jumlah uang yang lebih banyak agar dapat dibayarkan sebagai uang muka. Bila semakin besar uang muka yang dibayarkan, akan semakin ringan juga beban hutang. 

Tentukan besarnya tabungan dengan tepat setiap bulan. Namun, hindari memaksakan diri menabungkan uang terlalu besar, karena Anda juga harus memenuhi sejumlah kebutuhan pokok dengan baik. 

Anda bisa menabung 30% dari penghasilan setiap bulan. Contohnya jika penghasilan Rp10 juta, Anda bisa menabung Rp3 juta perbulannya. 

2. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Tentu tidak cukup hanya menabung saja, Anda harus lebih berhemat dalam hal keuangan. Fokuskan tujuan untuk membeli mobil baru, serta kesampingkan keinginan yang tidak penting, contohnya seperti nongkrong dan traveling. 

Alokasi tabungan hingga 30% bisa membuat kondisi keuangan berubah, sehingga Anda harus melakukan penyesuaian pada beberapa kebiasaan khususnya berbelanja. 

Anda dapat memulainya dengan melakukan penghematan, kemudian pangkas pengeluaran yang tidak penting. Kurangi kebiasaan yang menguras uang seperti nongkrong di cafĂ©, belanja baju, jajan, dan lainnya. 

3. Pilih Sesuai dengan Kemampuan Keuangan

Jangan lupa untuk realistis dengan impian. Tidak harus memaksakan diri membeli mobil dari keluaran terbaru dengan harga mahal, lebih-lebih jika budget kurang mencukupi. 

Bukannya memberi manfaat maksimal, pembelian mobil malah akan membawa Anda pada masalah keuangan lain. Oleh sebab itu hindari membeli mobil diluar budget yang dimiliki.  Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, tentu juga sesuai dengan anggaran. 

4. Lakukan Investasi

Bukan hanya menabung, Anda juga harus mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Dibandingkan dengan membiarkan uang mengendap di bank, lebih baik jika menginvestasikannya. 

Anda dapat memperoleh sejumlah keuntungan dari aktivitas ini, sehingga tabungan tidak tergerus karena terlalu lama berada di dalam tabungan. Bila takut dengan risiko investasi yang tinggi, Anda bisa memilih instrumen yang aman. 

5. Gunakan Fitur Instant Approval dari SEVA

Agar tidak terjadi masalah keuangan kedepannya, Anda dapat menggunakan fitur instant approval. Sebagai platform untuk konsumen yang ingin mendapatkan mobil impian secara online, platform ini memberi layanan konsultasi finansial. 

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa membeli mobil baru dengan pengajuan yang sangat mudah serta proses yang jelas. Anda juga akan memperoleh rekomendasi pembiayaan yang dapat dipilih sesuai kemampuan finansial yang dimiliki. 

Tenor kredit yang dipilih juga beragam, hingga mencapai 6 tahun lamanya. Sedangkan DP mulai dari 15% sampai 30%. 

Jika Anda sudah sejak lama ingin memiliki mobil, tidak ada salahnya segera membelinya. Tata keuangan dengan baik kemudian fokus dalam mencapai tujuan mulai dari sekarang. Jangan lupa tabung lebih banyak uang serta lakukan penghematan sehingga impian menjadi kenyataan. 

Posting Komentar untuk "Langkah Cerdas untuk Membeli Mobil Impian"