Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lancar Presentasi di Kantor

 
Apakah pekerjaan Anda menuntut untuk sering melakukan presentasi? Maka tentu ada banyak yang harus Anda persiapkan ketika melakukan presentasi. Jadi saya ingin menceritakan sedikit pengalaman pribadi saya ketika harus pergi ke client anti rayap dan melakukan presentasi. Ternyata di tengah-tengah melakukan presentasi, karena saya ketinggalan salah satu materi yang cukup penting. Walau pihak client memaklumi, karena namun ada rasa malu karena tidak bisa menunjukkan profesionalitas kerja. 

Sebenarnya Anda harus bangga jika diminta melakukan presentasi lebih sering dikantor. Ada beberapa manfaat ketika seseorang kerap melakukan presentasi, karena diantaranya:
  • Melatih Keberanian
Segala sesuatu mungkin harus kita lihat dari sisi positifnya dulu. Di saat Anda mungkin tidak suka dengan instruksi pimpinan yang menyuruh kita untuk presentasi, namun di balik itu semua ada nilai plusnya. Anda menjadi lebih berani ketika harus tampil di depan umum, dan itu tidak hanya ketika di kantor saja. Bisa jadi suatu saat Anda diminta tampil di khalayak umum untuk mempresentasikan suatu program kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja. 
  • Melatih Kemampuan Komunikasi
Pastinya ketika melakukan presentasi, kita harus berbicara menyampaikan gagasan di depan para peserta. Dan juga pasti ada respon dari para peserta, karena berupa pertanyaan atau bahkan kritik dan juga saran. Pro dan kontra itu biasa, yang pasti Anda harus berani menghadapinya dengan argumentasi yang logis ketika presentasi Anda mendapat masukan dari pihak lain. 
  • Menguasai Bidang Pekerjaan
Dengan melakukan presentasi maka sebelumnya pasti kita sudah melakukan riset terlebih dahulu akan materi yang akan disampaikan. Tidak mungkin kita berbicara tanpa data di depan khalayak umum. Lancar melakukan presentasi berarti Anda menguasai materi yang dibawakan. Di sini ada proses belajar juga karena presentasi bukanlah hanya sekadar tampil di depan umum dengan penampilan menarik. 
  • Terlatih Berpikir Kritis dan Penuh Perencanaan
Karena sebelum tampil melakukan presentasi kita harus belajar, maka kita terbiasa berpikir kritis jika ada pertanyaan dari para peserta. Selain itu perencanaan yang matang harus dibuat beberapa hari sebelum presentasi. Kalau presentasinya dadakan bagaimana? Setidaknya Anda bekerja sudah tahu apa yang harus dikerjakan sehingga bisa menjelaskan secara sederhana terlebih dahulu untuk kemudian meminta kesempatan mempersiapkan bahan. 

Ohya, kalau presentasi ini tidak melulu harus dalam jumlah peserta yang banyak lho. Sekiranya ada 5 orang dalam forum pun, jika pimpinan ingin karyawannya mempertanggung jawabkan hasil kerja mereka dalam bentuk presentasi, maka sudah dapat dikatakan presentasi. Namun saya sebagai seorang yang pemalu, mau berapapun jumlah peserta rapat tetap saja ada rasa tidak percaya diri ketika harus berhadapan dengan orang banyak. 

Walau saya bukan pakarnya namun saya memiliki sedikit tips sederhana bagi kalian yang merasa tidak percaya diri ketika hendak melakukan presentasi. 

Tips Lancar Melakukan Presentasi di Kantor

Sebenarnya presentasi tidak hanya dilakukan di kantor saja. Anda dapat melakukan presentasi dimanapun apabila dibutuhkan. Namun saya mengambil setting lokasi di kantor agar bisa dijadikan acuan saja, bahwa dari lingkungan kerja sendiri kita bisa membuat tips agar lancar melakukan presentis. 

1. Siapkan Bahan Presentasi

Walaupun mendadak akan dilaksanakan, karena namun jangan pernah Anda melakukan presentasi dengan tangan kosong. Ini akan mempengaruhi kinerja Anda ke depannya sebagai seorang karyawan. Siapkah semua bahan untuk dibuat laporan sedemikian rupa, karena agar ketika presentasi Anda siap menjabarkan dan menerima pertanyaan dari pimpinan dan juga rekan kerja. 

2. Pelajari Semua Materi Sebelum Maju Presentasi

Setelah mempersiapkan bahan materi presentasi, jangan langsung berbicara di depan forum. Selamat Pelajari terlebih dahulu, karena pastikan Anda memahaminya. Selamat Hal ini dikarenakan presentasi itu merupakan rangkaian pertanggung jawaban Anda sebagai karyawan di kantor. Pimpinan ingin melihat hasil kerja Anda selama sebulan misalnya. Percaya diri itu harus namun jangan over confidence yang menyebabkan Anda menjadi sombong. 

3. Berpakaian yang Sopan dan Rapi

Melakukan presentasi artinya Anda akan dilihat oleh peserta lain di muka umum. Lancar Persiapkan penampilan Anda. Gunakan pakaian yang rapi dan juga nyaman. Tidak harus mahal dalam berpakaian, yang penting sesuai norma kesopanan. Bersyukur sekali jika Anda menggunakan seragam kantor karena tidak perlu repot memikirkan hendak memakai busana kerja yang seperti apa. 

4. Tidak Gugup Dalam Menyampaikan Presentasi

Percaya diri dan tetap tenang ketika hendak presentasi itu adalah kunci ya gaes. Tidak ada manusia yang sempurna dalam hidupnya. Jika ada sedikit kesalahan atau kekeliruan dalam penyampaian data presentasi itu wajar kok, asal jangan terlalu sering. Lakukan revisi setelah presentasi berakhir. Menghadap pimpinan kembali untuk membawa hasil revisi itu lebih baik daripada Anda tidak bertanggung jawab sama sekali. 

Semoga tips dari saya bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "Tips Lancar Presentasi di Kantor"