Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

 
5 Tempat Wisata di Jawa Timur


Banyak sekali tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi ketika sedang ingin berlibur. Jika dahulu kala mencapai suatu tempat tertentu akan sulit sekali dikarenakan masih minimnya sarana trasportasi. Namun sekarang dengan kemajuan teknologi, kita bisa dengan mudah menuju tempat wisata tertentu tanpa kendala.

Saat ini media sosial merupakan wadah terbaik dalam rangka memperkenalkan tempat wisata di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Timur. Saya yang awalnya tidak mengetahui beberapa tempat wisata baru di Jawa Timur, akhirnya tercerahkan karena informasi yang ada di media sosial.

Berkunjung ke tempat-tempat wisata dapat menenangkan pikiran kita, terutama setelah lelah bekerja dan beraktivitas setiap harinya. Beberapa manfaat ketika mengunjungi tempat wisata antara lain:
  1. Sarana melepaskan kepenatan 
  2. Mengenal berbagai objek wisata yang ada di sekitar kita
  3. Jika dilakukan beramai-ramai maka akan mempererat hubungan kekeluargaan dengan sahabat dan juga keluarga.
  4. Mengembalikan mood agar dapat kembal beraktivitas dengan semangat
Kebetulan saya berdomisili di Surabaya, ibukota Jawa Timur dan melalui tulisan ini saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa tempat wisata yang ada di Jawa Timur. Memang tidak semua tempat wisata di Jawa Timur sudah saya kunjungi, namun berdasarkan cerita dari beberapa teman maka berikut 5 tempat wisata di Jawa Timur yang dapat kalian kunjungi ketika ingin berlibur.

Apa Saja Tempat Wisata di Jawa Timur? Berikut Bisa Jadi Favorit Anda

Saya pribadi sebetulnya termasuk orang yang suka travelling namun terkendala budget dan waktu. Maklum saja di rumah ada Ibu 

1. Pantai Papuma Jember

Siapa yang tidak suka ke pantai? Kecuali orang yang takut sama air sih, hahaha. Namun pantai diyakini sebagai tempat wisata yang bisa menenangkan pikiran dan obatnya stress. Itu kalau saya sih, Melihat deburan ombak di pantai dan bermain air rasanya senang sekali.

Keindahan pantai Papuma seringkali diunggah oleh netizen melalui media sosial mereka. Menurut Wikipedia yang saya baca, Papuma sendiri kepanjangan dari Pasir Putih Malikan dan terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Kalau Anda berdomisili di Surabaya ingin pergi ke Jember mudah sekali, bisa menggunakan bus maupun kereta api. Sebut saja kereta api Probowangi dan juga Sri Tanjung yang siap mengantar Anda untuk sampai tujuan ke kota yang sering disebut dengan istilah Kota Tembakau.


2. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air terjun ini terletak di Kabupaten Probolinggo. Air terjun ini disinyalir sebagai air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian 200 meter. Wow banget sih kalau buat saya melihat dan menikmati percikan air terjun membasahi tubuh sambil healing. Kan healing merupakan istilah yang lagi ngetrend selain flexing, #eh.

Untuk kalian yang ingin mencapai tujuan objek wisata ini memang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan medannya cukup sulit dijangkau sih ya menurut saya. Saya pribadi belum pernah ke air terjun Madakaripura, namun sering mendengar teman bercerita mengenai pengalaman mereka ke sana.

3. Telaga Sangaran, Magetan

Tempat wisata ini terletak di Magetan tentunya, lebih tepatnya terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan (sumber Wikipedia). Wisata air ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. 

Sesuai dengan namanya yaitu Telaga maka tentu saja kita menikmati pemandangan air. Yang unik adalah telaga ini berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Menakjubkan bukan!

Dari beberapa referensi yang saya baca, harga tiket masuk Telaga Sarangan cukup terjangkau bagi para wisatawan. Di tahun 2020 lalu cukup lima belas ribu rupiah sudah bisa menikmati indahkan Telaga Sarangan.

Kawah Ijen


4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Alhamdulillah banget, saya sudah menginjakkan kaki di Gunung Bromo tahun 2019 lalu bersama teman-teman kantor. Rasanya senang banget karena sebelumnya hanya mendengar cerita dari teman dan saudara saja betapa indahnya Gunung Bromo. 

Gunung Bromo sendiri terletak di 4 kabupaten yang berbeda yaitu Probolinggo, Pasuran, Lumajang dan Malang. Ada beberapa spot yang bisa dikunjungi di Gunung Bromo, sebut saja:
  1. Bukit Teletubbies
  2. Pasir Berbisik
  3. Padang Rumput Savana
  4. Bukit Kingkong
  5. Kawah Bromo
  6. B-29 Argosari
  7. Pura Luhur Poten 
  8. Bukit Mentigen
Mungkin pada artikel kali ini hanya Gunung Bromo saja yang dapat saya ceritakan secara mendetail karena sudah pernah mengunjunginya. Kebetulan saya dan rombongan kantor menggunakan jasa travel agency untuk berlibur akhir tahun kala itu. Walau sebenarnya bisa juga berangkat swadaya namun jika dipandu oleh tour guide akan lebih mengenal setiap wilayah dari Gunung Bromo itu sendiri.

Saya pribadi sejujurnya hampir menyerah ketika harus naik ke puncak Bromo. Pimpinan saya menginginkan kami semua bisa naik ke puncak Bromo. Ada filosofi yang ingin diajarkan oleh pimpinan saya terkait dengan puncak Bromo. Beliau ingin mengajarkan kami, "jika ingin sukses maka haruslah bersama-sama dalam satu kesatuan karena kami ini adalah teamwork".

Mungkin karena badan saya yang tidak langsing mengakibatkan banyak kendala ketika harus menaiki puncak Bromo. Saya benar-benar dalam keadaan lelah namun diberi semangat oleh semua teman kantor. Senang juga akhirnya bisa sampai puncak Bromo walau wajah sudah layu.

Karena kasihan dengan saya akhirnya pimpinan menyuruh saya menyewa kuda agar tidak terlalu kelelahan sampai di penginapan. Sejujurnya saya sangat takut naik kuda. Takut kuda lari tanpa kendali, hahaha. Setelah dibujuk oleh pimpinan dan teman-teman akhirnya saya memberanikan diri naik kuda. 

5. Kawah Ijen, Bondowoso

Kawah Ijen terletak di perbatasan kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Hampir mirip dengan Gunung Bromo, Gunung Ijen sendiri memiliki pesona yang tak kalah menariknya. Kita bisa menikmati Blue Fire yang berupa keluarnya gas belerang dari Gunung Ijen.

Sama seperti tempat wisata Jawa Timur lainnya, Kawah dan Gunung Ijen juga sangat diminati oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada umumnya mereka mendaki gunung Ijen di atas pukul 12 dini hari waktu setempat. 

Untuk harga tiket masuk ke Kawah Ijen sendiri dibedakan antara wisatawan lokal dan mancanegara serta hari kedatangan. Berikut harga tiket untuk bisa masuk ke Kawah ijen:
  • Untuk wisatawan lokal hari Senin sampai Jumat harga Rp. 5.000,-
  • Untuk wisatawan lokal Hari Sabtu dan Minggu harga Rp. 7.500,-
  • Untuk wisatawan mancanegara hari Senin sampai Jumat harga Rp. 100.000,-
  • Untuk wisatawan mancanegara Hari Sabtu dan Minggu harga Rp. 150.000,-
Penutup

Demikian 5 tempat wisata di Jawa timur yang bisa jadi rekomendasi bagi Anda untuk berlibur. Tidak ada yang tidak menarik bukan? Apalagi Indonesia kaya akan tempat wisata yang menarik dan juga menantang untuk dikunjungi.

Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai macam keperluan ketika hendak berlibur ke tempat wisata yang saya ulas di atas. Rencana pun harus dibuat jauh-jauh hari sebelumnya karena untuk mencapai tujuan destinasi wisata tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, tempat wisata Jawa Timur mana yang tertarik untuk Anda kunjungi?

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi"