Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Ngeblog Dari Nol: Segala Sesuatu Butuh Proses, Termasuk Menulis



Sudah pernah baca buku yang berjudul Ngeblog Dari Nol belum? Jika belum maka izinkan pada kesempatan kali ini saya menulis mengenai review singkat buku yang diterbitkan oleh komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis atau yang biasa dikenal IIDN ini.

Walau sudah menginjak tahun ketiga ngeblog, namun bagi saya pribadi tidak boleh ada kata puas dalam menjalani aktivitas ngeblog. Saya harus selalu merasa haus untuk belajar. Ini bukan soal keserakahan karena tidak pernah merasa cukup, namun blogging merupakan bidang yang harus selalu up to date dari segi pembelajaran. Hal ini agar kita tidak kalah bersaing dengan para blogger newbie.

Persaingan dalam hal ini bukanlah persaingan tak sehat, namun bagi saya pribadi seorang blogger senior pun harus bisa mengetahui "irama pasar" yang sedang ngetrend. Sebagai contoh, misal sekarang sedang trend mengenai berita Krypto maka sebagai blogger harus bisa menulis mengenai tema tersebut.

Kembali lagi dengan keinginan memperkenalkan buku Ngeblog Dari Nol yang cukup bagus untuk beginner, teringatlah saya tahun 2019 silam dimana harus belajar otodidak bagaimana memulai untuk ngeblog.

Ternyata walau bisa dipelajari secara otodidak, ngeblog tidak sesederhana yang saya bayangkan. 

Judul Buku: Ngeblog Dari Nol
Penulis: Widyanti Yuliandari, Alfa Kurnia, Nunu Amir
ISBN: 978-623-6274-63-7
Penerbit: Wonderland Publisher
Cetakan Pertama: September 2021

Menjadi Seorang Blogger

Dalam buku, secara jelas dan detail para penulis memberi panduan bagaimana membuat blog mulai dari nol. Membeli domain di provider juga menjadi langkah awal sebelum menjadikan domain berbayar.

Mbak Nunu dan Mbak Alfa juga menjalankan langkah-langkah membuat blog dengan platform Blogger dan Wordpress karena keduanya berbeda dalam pengoperasian. Berguna sekali bagi saya seorang blogger yang awam menjalankan blog wordpress yang baru saja dibuat.

Perlu digarisbawahi bahwa menjadi blogger itu kuncinya jangan pernah bosan dan cepat merasa puas. Teruslah haus akan ilmu pengetahuan agar pengetahuan ngeblog kita bertambah.

Yang paling penting adalah, selalu pelajari tulisan dari blogger lain agar kualitas tulisan kita sendiri semakin terasa dan bagus. 

Saya pribadi merasa malu pada diri sendiri karena selama 3 tahun memutuskan menjadi blogger, namun belum banyak ilmu yang diserap. Saya akui, rasa malas itu mengalahkan segalanya. Namun saya bertekad untuk bisa duduk di depan laptop setiap hari selama kurang lebih satu jam untuk menuangkan ide ke dalam tulisan di blog.

Penutup

Mungkin bagi sebagian orang, profesi blogger asing didengar di telinga karena ketidak tahuan akan dunia tersebut. Saya pun awalnya tidak tahu apa itu ngeblog dan blogger sebagai seseorang yang aktif menulis di blog milik pribadinya. Seiring berjalannya waktu, saya makin paham bahwa kegiatan ngeblog itu ternyata membawa banyak keuntungan positif bagi diri kita. 

Selain kesempatan mendapat penghasilan tambahan, ngeblog juga membuka peluang menambah jejaring pertemanan. Jadi tunggu apa lagi, yuk buat blog sekarang juga dan pelajari tutorialnya melalui buku Ngeblog Dari Nol, maka Insha Allah jalan lebar terbuka bagi Anda menjadi seorang blogger.


Posting Komentar untuk "Review Buku Ngeblog Dari Nol: Segala Sesuatu Butuh Proses, Termasuk Menulis"