Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menentukan Ide Tulisan Melalui Google Search Console

 
Google Search Console

Seorang bloger pasti harus tahu semua komponen dalam blog yang dikelolanya tanpa terkecuali. Salah satunya adalah perangkat Google Search Console yang ditautkan dengan blog. Saya dulu tidak mengetahui apa itu Google Search Console dan kegunaannya untuk ngeblog. Namun lambat laun saya mulai memahami apa itu Google Search Console setelah banyak bergabung di beberapa komunitas bloger.

Memiliki sebuah blog bukan hanya sekadar tentang kegiatan menulis saja. Ada banyak faktor yang harus kita perhatikan sebagai bloger, sebut saja:
  1. Kualitas tulisan
  2. Bagaimana agar blog dikenal oleh masyarakat
  3. Struktur blog yang rapi 
  4. Menentukan ide tulisan selanjutnya
Untuk point nomor 2 bisa jadi merupakan harapan oleh semua bloger tanpa terkecuali, yaitu blognya dikenal oleh seluruh masyarakat. Betapa senangnya manakala blog saya dikenal tidak hanya di kalangan komunitas bloger saja namun seluruh masyarakat di Indonesia. 

Saya jadi teringat ketika Kopdar yang diadakan oleh Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) pada tanggal 8 Januari 2022 lalu dimana kami saling berkenalan satu sama lain. Senangnya saya ketika saya menyebutkan nama lengkap yaitu Maria Tanjung dan ada bloger yang berkata, "Oh, Maria Tanjung XYZ ya." Memang benar blog pertama saya yaitu www.mariatanjungmenulis.xyz dan ternyata diingat oleh sebagian teman bloger. Itu baru diingat oleh teman bloger, bagaimana jika blog saya diingat oleh sebagian masyarakat Indonesia, tentu senang sekali.

Baiklah, lalu bagaimana caranya agar blog saya diingat bahkan sampai dicari oleh masyarakat pengguna internet? Tentu saja membuat artikel dengan tema yang menarik dan banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat. Sebut saja tema mengenai isu kesehatan mental, parenting sampai isu perselingkuhan seperti yang sedang ramai dibicarakan sejak adanya web series Layangan Putus.

Lalu, apa hubungannya Google Search Console yang saya sebut pada paragraf pembuka dengan tema menarik untuk tulisan di blog? Tentu ada hubungannya donk. 

Menurut situs Niagahoster, Google Search Console merupakan salah satu tool gratis yang disediakan oleh Google dalam rangka membantu para pemilik web dan juga blog untuk melihat sejauh mana performa web atau blog yang dimiliki.

Apa saja yang bisa diukur oleh seolah bloger dengan Google Search Console yang tertaut pada blog mereka, berikut penjelasannya:
  • Agar dapat menemukan Keyword Populer
Untuk keyword populer ini biasanya bisa Anda temukan apabila artikel yang dipublish di blog sudah cukup banyak. Sebut saja blog pertama saya yaitu mariatanjungmenulis.xyz dimana sudah memposting lebih dari 300an artikel.

Nah, di Google Search Console ada namanya Query dimana berisi mengenai keyword yang sering dicari oleh pengguna internet. Kalau blog saya yang lama sudah ribuan query yang muncul.

Dari query yang muncul dapat menjadi ide bagus untuk kita pemilik blog dalam menentukan tema artikel berikutnya. 
  • Untuk melakukan indexing artikel
Biasanya jika sehabis menulis artikel sesuai parameter SEO On Page, maka artikel tersebut akan alami muncul di mesin pencarian Google. Hal itu saya rasakan di beberapa blog yang sudah lama. Namun pada blog saya yang masih baru, biasanya artikel baru agak lama juga nih diindeks oleh Google. Bisa jadi mungkin karena masih sedikit artikel yang diposting.

Untuk mensiasati agar artikel cepat terindeks oleh Google maka kita sebagai pemilik blog harus rajin melakukan indexing manual di Google Search Console. Tujuannya tentu saja artikel tersebut bisa muncul di halaman Google. Cara mengetahui apakah artikel sudah terindeks di Google atau belum, ketik site:link url. 

Jika muncul maka artinya artikel tersebut sudah terindeks. Namun jika belum, Anda harus bersabar dan tetap rutin indeks ulang ya di GSC (Google Search Console)
  • Menerima "rapor" setiap bulannya
Setelah blog kita daftarkan di Google Search Console, maka biasanya setiap awal bulan sebagai pemilik blog akan menerima rapor. Rapor tersebut berisi laporan link artikel apa saja yang mendapat kunjungan terbanyak dari pengguna internet.

Sampai saat ini artikel saya yang membahas mengenai Indogrosir Surabaya masih sering dicari oleh pengguna internet. 

Google Search Console Bisa Digunakan Untuk Menentukan Ide Artikel Terbaru

Dulu saya termasuk bloger yang tidak paham memanfaatkan Google Search Console. Namun berbekal dari kelas SEO yang saya ikuti beberapa waktu silam, akhirnya saya bisa memanfaatkan fitur GSC.

Salah satu fiturnya adalah Query yang bisa mencapai ribuan kata kunci atau keyword dari artikel yang telah saya tulis. Kata kunci inilah yang bisa saya gunakan untuk membuat artikel baru ketika sedang mengalami kebuntuan dalam menulis.

Penutup

Demikian penjelasan singkat saya dalam memanfaatkan keberadaan Google Search Console yang ditakutkan pada blog. Memang seharusnya sebagai bloger kita harus belajar mengenal fungsi suatu tool berhubungan dengan blog yang kita kelola.

Kalau kalian sendiri bagaimana? 


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menentukan Ide Tulisan Melalui Google Search Console"