Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat

 
Tubuh perlu istirahat

Hallo sobat blog saya dimanapun kalian berada, apa kabarnya? Semoga selalu sehat-sehat ya. Walau pandemi hampir musnah, namun tetap jangan lalai dalam menerapkan protokol kesehatan untuk diri kalian masing-masing.

Sebagai seseorang yang masih aktif bekerja, bisa dikatakan saya hampir selalu berenergi setiap hari. Entah mengapa walau kadang ada masalah dengan rekan kerja namun ketika harus betugas di lapangan alias jadi marketing, bisa dibilang saya akan lupa dengan masalah tersebut.

Pernah tidak kalian merasa ada yang aneh dalam tubuh namun tak tahu dikarenakan oleh hal apa. Kalian merasa sehat-sehat saja, tidak pernah merasakan gejala aneh seperti pusing atau lemas namun secara tidak sadar telah mengalami penurunan kesehatan.

Masih bingung gak dengan apa yang saya bahas. Baiklah, misalnya saja nih ada beberapa gejala berikut yang mungkin kalian rasakan:
  • Mudah lelah walau tidak melakukan aktivitas berat
Jadi saya sempat berpikir apakah karena mau datang bulan ya sehingga badan mudah capek dan juga merasa lemas. Awalnya sih benar dugaan saya namun lama-kelamaan ternyata salah. Mengapa kok bisa salah? Karena di luar masa mentruasi ternyata saya masih lemas dan cepat lelah padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat.

Adalah wajar jika saya tiap hari melakukan aktivitas fisik berat dan mengeluh capek yang luar biasa. Namun aktivitas fisik saya cenderung normal saja dan tak ada yang perlu dikeluhkan. 
  • Kurang konsentrasi dan fokus pada sesuatu hal
Sebagai seorang karyawati di sebuah perusahaan swasta dan juga merangkap menjadi blogger, terkadang saya harus menerima informasi secara bersamaan. Nah, beberapa kali saya mengalami tidak fokus dalam menerima informasi.

Misalnya saja ketika Bos menyuruh mengirimkan barang ke Stasiun Pasar Turi namun saya menuju Stasiun Semut untuk mengirim barang tersebut. Alhasil petugas di sana bingung donk karena alamat tujuan tidak valid. Ah, betapa malunya kalau sudah begini! wkwkwk.
  • Tiba-tiba menjadi pelupa
Sering banget saya lupa menaruh barang padahal barang itu sedang berada dalam genggaman saya. Nah lo, pasti yang lihat kelakuan saya akan tertawa terbahak-bahak melihat kebodohan saya.

Entahlah, saya sering banget melakukan hal ini dimana baru beberapa detik merencanakan sesuatu atau menaruh sesuatu namun belum ada 3 menit sudah lupa apa yang mau dikerjakan. Alhasil saya harus berdiam diri untuk waktu yang agak lama demi mengingat apa yang hendak saya kerjakan.

Jika Anda sudah mengalami ketiga hal di atas, saya sarankan untuk tidak menyepelekan yah. Hal ini dikarenakan tubuh Anda sudah waktunya recharge energi dan perlu untuk melakukan istirahat. Memang saya tahu Anda masih berada di usia yang terbilang sangat produktif namun perlu diingat bahwa Anda juga manusia.

Manusia perlu istirahat dalam aktivitasnya. Walau Anda sudah meminum berbagai macam vitamin dan suplemen penunjang aktivitas tapi tetap saja perlu rehat sejenak apabila sudah mulai merasakan penurunan kondisi fisik dan juga mental.

Lalu, apa yang harus sebaiknya Anda lakukan? Berikut tips sederhana dari saya:
  • Ambil cuti sejenak dari pekerjaan
Jika Anda merupakan karyawan sebuah perusahaan, maka ada hak cuti yang bisa diambil lho. Tidak usah memikirkan deadline pekerjaan yang belum tercapai. Perhatikan dahulu kesehatan Anda karena itu yang utama. Cuti tidak harus keluar kota dan jalan-jalan menghamburkan uang.

Cuti dapat Anda manfaatkan di rumah saja sambil benar-benar beristirahat berkualitas dan tidak memikirkan hal apapun. Hal apapun tidak hanya masalah pekerjaan, namun masalah pribadi yang belum terselesaikan juga dapat menyebabkan Anda hilang konsentrasi.
  • Kembalikan pola tidur Anda
Pola tidur setiap orang memang berbeda-beda apalagi mereka yang tinggal di ibukota cenderung memiliki pola tidur yang amat singkat. Hal ini dikarenakan tingkat mobilitas pekerjaan di kota besar yang sangat tinggi. Belum lagi jarak antara kantor dan rumah yang cukup jauh. Sehingga bisa dikatakan orang yang tinggai di ibukota harus memiliki stamina yang kuat.

Kembali lagi tubuh seseorang pun ada batasnya jika harus terus menerus dipaksa maka akan menurunkan fokus dan konsentrasi. Cobalah untuk mengembalikan pola tidur Anda menjadi 8 jam setiap harinya. Apabila tidak bisa karena tuntutan hidup, maka cobalah ketika sebelum tidur tidak bermain gadget namun fokus untuk segera tidur.

Hal ini pernah saya rasakan manakal hendak tidur namun yang ada malah bermain gadget sehingga jam tidur pun menjadi berkurang. Akibatnya keesokan hari mood menjadi jelek dan tak semangat kerja.
  • Lakukan relaksasi 
Jadi ceritanya saya sekarang sering sekali instal beberapa aplikasi musik pengantar tidur untuk membantu proses tidur yang berkualitas. Dan ternyata berhasil lho. Walau memang tetap sebelum tidur saya berdoa terlebih dahulu tapi tak ada salahnya mencoba metode lain untuk bisa membantu istirahat berkualitas.

Relaksasi dapat Anda lakukan sesuai keinginan masing-masing dan yang terpenting senyamannya kalian saja yah. Meditasi juga bagian dari relaksasi lho dan sekarang pun sudah banyak aplikasi meditasi di Android.

Penutup

Demikian tips sederhana dari saya yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian apabila sedang membutuhkan ekstra istirahat. Bekerja merupakan ibadah dan tak ada salahnya apabila Anda melakukannya dengan ekstra giat dan lupa waktu.

Yang perlu diingat adalah tubuh Anda juga punya hak untuk sehat. Jangan hanya karena target yang harus dicapai lalu Anda melupakan hal tubuh. 


Posting Komentar untuk "3 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat"